Kamis, Oktober 08, 2009

Sejarah Kriptografi

Karena gue pagi ini lagi seneng jadi lebih bisa konsen buat nulis hehe, tulisan kali ini juga gak jauh-jauh dari security sebuah komunikasi,

Kriptografi merupakan seni / teknik mengamankan data. Teknik ini bahkan berkembang jauh sebelum computer ditemukan, kriptografi awalnya digunakan sebagai alat pengaman komunikasi dalam medan perang. Didalam peperangan pasti ada rahasia donk??nah rahasia itu tidak bisa aman hanya dengan menuliskan kode “R” pada surat aja kan hehehe mentang-mentang gw sektretaris jadi gak penah jauh dari surat, kadang gue juga bĂȘte, udah waktunya pulang tapi tetep aja masih ada surat masuk apalagi kalo surat undangan berabe kan kalo telat nyampenya ke sibos bisa digantung gue hahaha eh ko’malah ngomongin soal kerjaan yaudah balik lagi, dari tadi muter2 aja emang sih p’tama kali gue kejakarta gue seneng banget muter2 gimana yah??enak siiiihh angkutannya mudah dan murah tapi heran juga kenapa masih pada suka demo soal masalah transportasi, padahal dikampung gue tarifnya 2 x lipat dari tariff dijakarta tetep adem ayem tuh hehehe lho kok malah ngomongin macem2 sih???yaudah2 balik ah susah ni, jadi intinya kriptografi itu seni menulis surat dengan kode tertentu dan hanya orang tertentu pula yang bisa menterjemahkan apa yang tertulis ato yang diucapin seorang kurir pembawa informasi tersebut.
Kriptografi sudah digunakan 4000 Tahun yang lalu,menurut buku yang gue baca yang berjudul “Pengantar Ilmu Kriptografi” dari penerbit Andi, bukunya tebel harganya mahal hehehe kriptografi awal digunakan di Mesir yaitu berupa huruf Hieroglyph. Kemudian pada zaman romawi kuno, Julius Cesar raja Romawi pengen ngasih pesan kepada seorang Jendral di medan perang nah berhubung waktu itu gak ada Speedy jadinya diutuslah seorang kurir, karena pesan tersebut sangat rahasia Julius bingung mau ditaro’mana ni pesan, ditaro’bagasi mobil ntar kena metal detector lagi hehe akhirnya sang Julius puny aide setelah sebelumnya googling dulu hahaha.. becanda2… Julius memanggil Kurirnya terus dikasih duit buat kesalon potong rambut tapi kudu plontos setelah plontos kaya semangka si kurir disuruh keistana, terus Julius manggil seniman Tato kemudian tukan tato tadi menato kepala kurir tadi dengan tulisan pesan yang akan disampaikan kepada sang jendral di medan perang, setelah selesai kurir disuruh istirahat dulu sampai rambutnya tumbuh dan menutup pesan tadi, oiya pesan tadi juga sudah menggunakan kode khusus yang hanya bisa di mengerti oleh Julius sama jendralnya tadi.
Dari ilustrasi diatas dapat diketahui bahwa Kriptografi sangat penting digunakan untuk menjaga rahasia apalagi zaman keterbukaan informasi saat ini, kriptografi sangat diperlukan teknik untuk menjaga informasi yang membahayakan nyawa seseorang bahkan manyangkut kemanan Negara, sekian dulu tulisan gue tentang Kriptografi semoga bermanfaat
Sampaikanlah llmu walau Cuma 1 ayat
Salam brod_in peace